Selasa, 16 Maret 2010

Ringkasan Tentang Komputer

Ringkasan Tentang komputer

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubung.

Definisi Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.


Menurut Hamache,

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Menurut Blissmer,

Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:

1. menerima inputmemproses input tadi sesuai dengan programnya.

2. menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan.

3. menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangan Fuori,

Berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Fungsi dan Manfaat Komputer

Fungsi dan Peranan komputer bagi kehidupan manusia sudah sangat penting, bahkan bisa dikatakan sebagian besar kegiatan manusia ditunjang oleh adanya komputer. Mulai dari kegiatan pendidikan, kegiatan bisnis dan komersial, pemerintahan, dunia hiburan, dan kegiatan pribadi lainnya.

Kegunaannya komputer sebagai alat pendukung untuk meringankan pekerjaan manusia dalam proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan operasionalnya, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya.

Komputer dapat membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan, antara lain :

a. Penanganan data dalam jumlah yang besar, seperti penghitungan sensus dan laporan lain dalam suatu negara.

b. Melaksanakan tugas-tugas rutin yang bersifat berulang-ulang, seperti menghitung laporan bulanan suatu perusahaan.

c. Operasional ditempat-tempat yang tidak dapat dijangkau manusia, seperti robot yang dikontrololeh komputer untuk misi di daerah yang penuh dengan ranjau atau dalam perjalanan antariksa tanpa awak.

d. Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan matematika yang rumit.


Manfaat komputer

Manfaaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan–pekerjaan manusia diantaranya adalah :



1. Bidang Pendidikan

Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.


Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.



2. Bidang Kesehatan

Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.

3. Bidang Transportasi

Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.



4. Bidang Jasa Pengiriman Barang

Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.



5. Bidang industri Otomotif

Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.



6. Bidang Jasa Konstruksi

Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.


7. Bidang Jasa Percetakan

Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.



8. Bidang Industri Perfilman

Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.



9. Bidang Industri Rekaman

Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.



10. Bidang Pertahanan dan Keamanan

Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.


11. Bidang Olah Raga

Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.


12. Pabrik Sepatu

Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail bentuknya dikerjakan dengan cara dan system komputer. Pertama-tama model dikerjakan dengan progam CADCAM untuk mendaesain sol sepatu dari berbagai ukuran kemudian di cetak dan di jadikan Mall cetakan untuk proses selanjutnya dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian dijahit dan diberi stiker atau logo yang dikerjakan dengan komputer.



Sejarah Komputer

Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Proses pengolahan data telah dikalukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam perhitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

Sejarah computer menurut periodenya adalah:

  • Alat Hitung Tradisional dan KalkulatorMekanik

Yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia dan masih digukan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk memperhitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.

Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika inggris, Charles Babbage(1791-1871). Thun 1812 Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa kesalah. Sedangkan matematika membutuhkan reprtisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang sehingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Mesin tersebut dinamakan mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.

  • Komputer Generasi Pertama

Generasi pertama (1946-1959) pada generasi pertama ini komputer dibuat masih sangat sederhana dan belum komleks penggunaannya, sehingga komputer belum dapat memproses masalah-masalah yang besar, lagi pula bentuk komputernya besar dan lamban dalam prosesnya serta pembuatanya masih menggunakan komponen yang besar-besar.

Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :

  1. Ukuran fisiknya besar.
  2. Kecepatan proses lambat
  3. Cepat panas
  4. Membutuhkan listrik besar
  5. Menggunakan tabung hampa udara (vaccum tube).
  6. Memorinya menggunakan Magnite Core Storage.
  7. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
  8. Menggunakan konsep stored prodram.

  • Komputer Generasi Kedua

Generasi kedua (1959-1965) komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk penyempurnaan bentuk dari komputer dan penggunaan listrik yang lebih hemat. Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Komponennya telah mnggunakan transistor.
  2. Ukuran fisiknya lebih kecil.
  3. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
  4. Tidak cepat panas.
  5. Membutuhkan listrik lebih hemat (sedikit).
  6. Memori yang digunakan lebih besar.
  7. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language).
  8. Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).
  • Komputer Generasi Ketiga

Generasi ketiga (1965-1970), komputer pada generasi ini dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu pula komputer generasi ketiga ini telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) serta penggunaan listriknya lebih hemat, kemudian ukuran fisiknya lebih kecil agar dapat menghemat penggunaan ruang. Komputer generasi ketiga ini mempunyai cir-ciri sebagai berikut :

  1. Komponennya menggunakan IC (Integrated Cercuit) atau yang disebut “chip” dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam suatu tempat.
  2. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
  3. Membutuhkan listrik lebih hemat.
  4. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
  5. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
  6. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi progrmming.
  7. Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visial display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alatpembaca tinta mengetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).
  • Komputer Generasi Keempat

Generasi keempat (1970-1995), Komputer generasi keempat ini merupakan pengembangan dari komputer dari generasi ketiga. Komputer generasi ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang didapatkan. Komputer generasi keempat ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu menggabungkan beribu-biru IC yang didapatkan dalam 1 buah chip.
  2. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
  3. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu.
  • Komputer Generasi Kelima

Mendefinisikan computer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif computer generasi kelima adalah computer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. Hal menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah computer generasi kelima. Banyak kemajuan di bidang disai computer dan teknologi semakin memungkinkan pembuataan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang yang terutama adalah kemampuan pemprosesan parallel, yang menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan system yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Dengan demikian maka komputer generasi baru yang datang, banyak menggunakan sensor-sensor untuk mempermudah dan lebih mempercepat pekerjaan kita. Suatu perencanaan yang akan datang komputer dibuat untuk mempermudah interaksi antara manusia dengan komputer secara langsung, seakan-akan manusia tersebut berada didalam komputer.

Hal ini dapat terwujud dengan adanya materi kecerdasan buatan (Artificial Intellegent), yaitu suatu alat yang dibuat untuk dapat bekerja seperti manusia, sehingga manusia bukan lagi sebagai obyek luar komputer. Dan ini dapat kita lihat dengan dibuatnya obyek di dalam komputer, dimana manusia menggunakan helm khusus agar tampak jelas seperti di dalam komputer. Selain itu, kini telah dibuat robot-robot pengganti tenaga manuasia. Pada robot tersebut dibuatkan sensor-sensor pondeteksi rangsangan dari luar dan akan langsung meresponnya seperti layaknya manusia.

Sistem Komputer

System komputer adalah elemen-elemen atau komponen yang berkaitan atau saling bekerja sama untuk menjalakan suatu aktifitas dengan menggunakan computer.

Apabila salah satu elemen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware),elemen perangkat lunak (software), komponen data, dan komponen komunikasi. Dibawah ini akan dijelaskan fungsi dari komponen computer yaitu :


A. Perangkat keras (Hardware)

Hardware yaitu peralatan dalm bentuk fisik yang menjalankan sistem computer. Hardware digunkan sebagai media untuk menjalankan software (perangkat lunak) dan peralatan ini berfungsi untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan dan mengeluarkannya dalm bentuk informasi yanf digunakan oleh manusia untuk laporan. Perangkat keras computer terdiri dari:

1. Input divice (unit masukan

Input divice merupakan alat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi kedalam computer.input device sesuai dengan namanya hanya digunakan untuk memasukkan data atau instruksi kedalam CPU (process device).


Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.


Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu:

a. Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, scanner.

b. Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

Keyboard

Keybord adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data atau informasi atau membuat kode berdasarkan penekanan tombol-tombol kunci. Keyboard yang ada selam ini terdiri dari

Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk mengatur posisi kursor dan menggerakkan objek gambar ke suatu tujuan didalam layar monitor,contoh Logitech dan genius.

Pembuatan mouse ini dimaksud untuk memudahkan pekerjaan anda dalam menggerakkan kursor untuk memilih menu pada tampilan didalam monitor. Cara penggunaan mouse adalah dengan menggeser mouse pada permukaan datar menuju tujuan yang anda inginkan dan dilanjutkan dengan menekan tombol mouse.


Lightpen
Lightpen adalah alat yang menyerupai pena dan dapat memancarkan sinar untuk dituliskan langsung pada layar monitor atau pada bidang datar yang khusus dirancang untuk dapat ditulisi dengan menggunakan pena khusus.


Floppy Disk Drive


Merupakan suatu hardware yang menghubungkan disket dengan komputer, Jadi Anda hendak melakukan pemindahan data dari komputer satu dengan yang lain dengan menggunakan disket, maka disinilah sebaiknya Anda masukkan disketnya. Tapi untuk zaman sekarang pemakaian disket terkikis oleh perkembangan teknologi komputer. Karena ukuran disket hampir sebesar CD dan hanya dapat menyimpan memori yang lebih kecil, maka diskiet sudah ditinggalkan oleh sebagian besar penggunanya. Saat ini alat yang lebih ngetren adalah dengan menggunakan flashdisk.


Scanner
scanner alat yang digunakan secara otomatis untuk memasukkan data (huruf/angka) dan gambar pada selembar kertas atau objek lain kedalam CPU dan akan ditampilkan pada layar monitor.


2. Process device (unit Pemrosesan)


Process device (unit Pemrosesan) merupakan alat yang digunakan untuk melaksanakan kumpulan instruksi yang akan ditujukan untuk menghasilkan suatu hasil tertentu yang dikehendaki . process device dapat melakukan tugasnya jika ada masukan dari input device baik berupa data atau instruksi. Alat ini disebut CPU ( Central processing unit ).


3. Output device (unit keluaran)


Output device (unit keluaran) merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan laporan atau informasi hasil pengelohan dari input baik ditampilkan pada layar monitor maupun dicetak pada media lain. Adapun yang tergolong kedalam Output device yaitu: Monitor, printer/plotter, proyektor dan microform.


Monitor


Monitor adalah menampil data, monitor digunakan untuk mengobservasi, mengawasi, mengontrol atau melakukan verifikasi pada operasi suatu sistem atas kebenaran operasi suatu program selama pelaksanaannya. Monitor sangat dibutuhkan untuk sebuah PC sebagai tampilan tentang apa yang telah kita kerjakan dan sebagai petunjuk suatu sistem operasi program.


Printer atau plotter


Printer atau plotter adalah alat yang digunakan untuk mencetak grafik, gambar dan data lain pada lembar kertas, plastik dan media lain. Alat ini juga banyak membantu orang yang ingin mengetahui informasi yang dihasilkan setelah proses. Printer terbagi menjadi tiga jenis yaitu: impact printer, nonimpact printer dan plotter.


Proyektor

Proyektor adalah alat untuk menampilkan slide pada layar, contohnya sony. Alat ini sangat cocok untuk mempresentasikan laporan, promosi produk pada konsumen, simulasi program yang akan digunakan, dan lain-lain. Pada awalnya, orang menggunakan OHP untuk menampilkan presentasi, sehingga untuk pergantian lembar presentasi orang tersebut akan bolak-balik untuk mengambil dan memasang lembar presentasi namun dengan dibuatnya alat ini orang tidak perlu lagi bolak-balik memasang lembar presentasi, cukup hanya menekan tekan enter pada keyboard dan menggeser geser mouse untuk menjelaskan presentasi.
Microform
Microform adalah alat bantu untuk mencetak kedalam bentuk miniature diatas film fotografi. Alat ini dapat mencetak kedalam microfilm ( film dalm bentuk gulungan ) dan microfiche (film dalm bentuk lembaran). Penyimpanan hasil kelembar microfilm memang sangat baik karena hasil lembaran yang banyak tersebut dapat dimasukkan kedalam lembaran yang kecil, sehingga dapat dimasukkan kedalm laci lemari atau tempat yang kecil. Untuk mencetak kedalm microfilm ini dibutuhkan alat computer output microform (COM).


4. Backing Storage ( unit penyimpanan).

5. Periferal ( unit tambahan)


komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.

B. Perangkat lunak (Software)

Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.


Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :

1. Mengidentifikasi program.

2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.

3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.


Macam-macam Perangkat Lunak


Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :

1. Sistem Operasi (Operating System),

2. Program Aplikasi (Application Programs),

3. Bahasa Pemrograman (Programming Language),

4. Program Bantu (Utility)


1. Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan.

Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :

a. Menyimpan program dan aksesnya.

b. Membagi tugas di dalam CPU.

c. Mengalokasikan tugas-tugas penting.

d. Merekam sumber-sumber data.

e. Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data.

f. Memeriksa kesalahan sistem.

g. Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID.


Macam-macam sistem operasi yang dikenal hingga saat ini, antara lain:


a. DOS ( Disk Operating System )

System operasi yang digunakan pertama kali dan masih digunakan hingga saat ini. Penggunaan DOS ini sangat penting bagi perkembangan sistem operasi, karena DOS ini sebagai cikal bakalnya sistem operasi. DOS terbagi menjadi tiga jenis,yaitu: DR-DOS, PC-DOS, dan MS-DOS.


b. Operating system/2

Operating system/2 atau yang lebih populer dikenal dengan OS/2 dibuat pertama kali dengan tujuan untuk menggantikan sistem operasi DOS. Namun penggunaan sistem opersi ini jarang digunakan karena harganya lebih mahal dibandingkan degan DOS. Selain itu pengembangan sistem opersi OS/2 lebih lambat dibandingkan item operasi DOS.


c. UNIX

Sistem operasi unix pertama kali digunakan untuk computer mini dan mainframe, kini sudah dapat digunakan oleh computer mikro. Sistem opersi unix diciptakan oleh ahli riset Bell laboratories, Amerika. Sistem operasi ini kurang diminati oleh para pengguna mikro computer karena sulit menyatukan standar sistem. Sistem operasi UNIX perkembangannya tidak sepesat sistem operasi DOS, namun kini sistem operasi UNIX telah dikeluarkan versi terbarunya dengan nama LINUX. Untuk mempromosikan dan memperkenalkan sistem operasi ini kepada masyarakat, diambil kebijakan pada perusahaan pembuatnya dengan secara gratis sistem opersi pada internet. Jadi, bagi penggunaan computer dapat men-download program ini secara Cuma-Cuma pada internet.


2. Program Aplikasi (Aplication Programs)

Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain. Program ini khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan


3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

Referensi

1. Agus Setiawan, Pengantar Sistem Komputer, Bandung: Informatikan, 2004.

2. Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) Perguruan Islam Al-Masthuriyah, Belajar Komputer Praktis Microsoft Wort,Microsoft Excel, Sukabumi-Jawa Barat, tnp thn.

3. Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.

4. Http://education.blogspot.com/2007/06/pembelajaran-berbantuan.html







2 komentar:

  1. Selamat Datang Di [b] SAHABATQQ AGEN DOMINO QQ AGEN DOMINO 99 DAN POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA [/b]

    [IMG]https://s33.postimg.cc/xlpomdagv/1-user-id-8-game.jpg[/IMG]

    Saat ini website / situs [b]SAHABATQQ AGEN DOMINO QQ AGEN DOMINO 99 DAN POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA[/b], Telah menjadi salah satu website / situs Favorite untuk para pemain poker dan domino di seluruh INDONESIA karena di SAHABATQQ lah lahir para master poker dan domino handal juga JUTAWAN - JUTAWAN BARU SETIAP HARINYA, Super sekali...!!!

    Kami juga menyediakan bonus - bonus yang sangat menarik untuk para member - member tercinta kami di situs kami SAHABATQQ loh...

    [b]BERIKUT HOT PROMO YANG BERLAKU SAAT INI :[/b]

    1. [b]BONUS JACKPOT PULUHAN HINGGA RATUSAN JUTA SETIAP HARI[/b]
    2. [b]BONUS TURN OVER 0.3% , TERBESAR SE INDONESIA[/b]
    3. [b]BONUS TERBESAR REFERRAL 15% UNTUK SEUMUR HIDUP[/b]

    HANYA DI SAHABATQQ IMPIAN ANDA BISA TERWUJUDKAN DAN TUNGGU PROMO - PROMO MENARIK LAINNYA

    [b]KELEBIHAN SAHABATQQ ADALAH :[/b]

    1. [b]DEPOSIT & WITHDRAW MINIMAL Rp 20.000,-[/b]
    2. [b]DEPOSIT & WITHDRAW TERCEPAT KURANG DARI 2 MENIT[/b]
    3. [b]100% NO ADMIN & NO BOT[/b]
    4. [b]100% PLAYER VS PLAYER[/b]
    5. [b]100% FAIR PLAY[/b]
    5. [b]CUSTOMER SERVICE 24 JAM / 7 HARI[/b]
    6. [b]SISTEM KEAMANAN TERBARU & TERJAMIN[/b]
    7. [b]SUPPORT LEBIH BANYAK 8 JENIS BANK LOKAL[/b]

    AYO TUNGGU APA LAGI, SEGERA BERGABUNG DAN DAFTARKAN DIRI ANDA BERSAMA KAMI DI SAHABATQQ, JANGAN SAMPAI KESEMPATAN MENANG ANDA TERLEWATKAN

    AYO SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA DAN AJAK TEMAN - TEMAN ANDA BERGABUNG BERSAMA KAMI HANYA DI SAHABATQQ

    [url=http://rajasahabat.com/][img]https://i.postimg.cc/NfQXG14v/NEW_12.jpg[/img][/url]

    [b][url=http://hokisqq.net]Agen Domino QQ[/url][/b]
    [b][url=http://hokisqq.net]Agen Domino 99[/url][/b]
    [b][url=http://hokisqq.net]Agen BandarQ[/url][/b]

    [b]Contact Us :
    +++ Whatapps : +855964596550
    +++ BBM : 2AE48042
    +++ YM : [email]cs2_sahabatqq@yahoo.com[/email]
    +++ LINE : SAHABATQQ
    +++ FACEBOOK : [url=https://www.facebook.com/Sahabat9988/]RAJASAHABAT[/url]
    +++ INSTAGRAM : INDO_SAHABAT99
    +++ Live Chat Customer Service Profesional 24/7 (NONSTOP)[/b]

    [b][url=http://h.net]hokisqq.net AGEN DOMINO QQ AGEN DOMINO 99 DAN POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA[/url][/b]

    BalasHapus
  2. Selamat Datang Di [b] SAHABATQQ AGEN DOMINO QQ AGEN DOMINO 99 DAN POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA [/b]

    [IMG]https://s33.postimg.cc/xlpomdagv/1-user-id-8-game.jpg[/IMG]

    Saat ini website / situs [b]SAHABATQQ AGEN DOMINO QQ AGEN DOMINO 99 DAN POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA[/b], Telah menjadi salah satu website / situs Favorite untuk para pemain poker dan domino di seluruh INDONESIA karena di SAHABATQQ lah lahir para master poker dan domino handal juga JUTAWAN - JUTAWAN BARU SETIAP HARINYA, Super sekali...!!!

    Kami juga menyediakan bonus - bonus yang sangat menarik untuk para member - member tercinta kami di situs kami SAHABATQQ loh...

    [b]BERIKUT HOT PROMO YANG BERLAKU SAAT INI :[/b]

    1. [b]BONUS JACKPOT PULUHAN HINGGA RATUSAN JUTA SETIAP HARI[/b]
    2. [b]BONUS TURN OVER 0.3% , TERBESAR SE INDONESIA[/b]
    3. [b]BONUS TERBESAR REFERRAL 15% UNTUK SEUMUR HIDUP[/b]

    HANYA DI SAHABATQQ IMPIAN ANDA BISA TERWUJUDKAN DAN TUNGGU PROMO - PROMO MENARIK LAINNYA

    [b]KELEBIHAN SAHABATQQ ADALAH :[/b]

    1. [b]DEPOSIT & WITHDRAW MINIMAL Rp 20.000,-[/b]
    2. [b]DEPOSIT & WITHDRAW TERCEPAT KURANG DARI 2 MENIT[/b]
    3. [b]100% NO ADMIN & NO BOT[/b]
    4. [b]100% PLAYER VS PLAYER[/b]
    5. [b]100% FAIR PLAY[/b]
    5. [b]CUSTOMER SERVICE 24 JAM / 7 HARI[/b]
    6. [b]SISTEM KEAMANAN TERBARU & TERJAMIN[/b]
    7. [b]SUPPORT LEBIH BANYAK 8 JENIS BANK LOKAL[/b]

    AYO TUNGGU APA LAGI, SEGERA BERGABUNG DAN DAFTARKAN DIRI ANDA BERSAMA KAMI DI SAHABATQQ, JANGAN SAMPAI KESEMPATAN MENANG ANDA TERLEWATKAN

    AYO SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA DAN AJAK TEMAN - TEMAN ANDA BERGABUNG BERSAMA KAMI HANYA DI SAHABATQQ

    [url=http://rajasahabat.com/][img]https://i.postimg.cc/NfQXG14v/NEW_12.jpg[/img][/url]

    [b][url=http://hokisqq.net]Agen Domino QQ[/url][/b]
    [b][url=http://hokisqq.net]Agen Domino 99[/url][/b]
    [b][url=http://hokisqq.net]Agen BandarQ[/url][/b]

    [b]Contact Us :
    +++ Whatapps : +855964596550
    +++ BBM : 2AE48042
    +++ YM : [email]cs2_sahabatqq@yahoo.com[/email]
    +++ LINE : SAHABATQQ
    +++ FACEBOOK : [url=https://www.facebook.com/Sahabat9988/]RAJASAHABAT[/url]
    +++ INSTAGRAM : INDO_SAHABAT99
    +++ Live Chat Customer Service Profesional 24/7 (NONSTOP)[/b]

    [b][url=http://h.net]hokisqq.net AGEN DOMINO QQ AGEN DOMINO 99 DAN POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA[/url][/b]

    BalasHapus